Selasa, 05 Februari 2013

Proses terjadinya Pemanasan global


Warming (Pemanasan Global) adal suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer ,laut dan daratan Bumi
J  global warming disebabkan oleh :
1.      Efek rumah kaca (disebabkan karena naiknya konsentrasi gas karbon dioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer. Kenaikan konsentrasi gas CO2 ini disebabkan oleh kenaikan pembakaran bahan bakar minyak, batu baradan bahan bakar organik lainnya yang melampaui kemampuan tumbuhan-tumbuhan dan laut untuk menyerapnya.)
2.      Penggunaan CFC(Chloro Fluoro Carbons ) pada perangkat pendingin
3.      Gas CO2 (karbondioksida ) dari kendaraan
J  Hal – hal  di atas mengakibatkan :
1.      lapisan atsmosfer terkikis sehingga heat dari matahari semakin dapat di rasakan oleh bumi
2.      menyebabkan kenaikan suhu dan di mulailah meleleh es d bumi dan kenaikan debit air laut, perubahan iklim yang ekstrem, bencana alam dari angin dan air laut, sungai dll. Atmosfer juga kehilangan kemampuan untuk memantulkan kembali sinar:
a)      Inframerah: menyebabkan panas dapat berakibat pada keadaan di bumi
b)      UV (ultraviolaet) ; menyebabkan flek,iritasi kulit, kerusakan pigmen, perih luka bakar, kangker kulit yang berbahaya untuk mahluk hidup

J  Proses terjadinya  pemanasan global
                  Proses ini diawali dari cahaya tapak dari matahari sebahagian dikembalikan keangkasa dan sebagian lagi diserap oleh bumi (yang mana pantulan tersebut dikembalikan lagi dalam wujud radiasi inframerah).
      Radiasi matahari tadi melalui bumi melalui atmosfer,karena semakin banyak radiasi matahari tadi di lapisan atmosfer bumi,sehingga menyebabkan lubang ozon. Kebanyakan dari radiasi matahari diserap oleh permukaan bumi dan memanaskannya. Radiasi inframerah dipancarkan oleh permukaan bumi, Radiasi inframerah yang dipancarkan kembali oleh bumi diserap oleh CO2 di atmosfer yang kemudian sebahagian dipancarkan ke angkasa (a) sebahagian lagi dikembalikan ke atmosfer bumi dan (b) CO2 yang kembali ke atmosfer bumi itulah yang disebut dengan pemanasan global (global warming).
Sejak kira-kira tigapuluh tahun yang lalu, para ilmuwan sudah memberi peringatan pada dunia berkenaan dengan akibat buruk yang ditimbulkan oleh Global Warmingatau Pemanasan Global, yang merupakan ancaman paling serius bagi umat manusia setelah perang dingin
J  Proses terjadinya  pemanasan global dan gambarnya
1.       Gas rumah kaca memerangkap panas
2.       Energi matahari diserap dan dipantulkan oleh atmosfer bumi



3.       permukaan bumi meresap dan meradisaikan energi matahari yang diserap ke luar angkasa


4.       gas rumah kaca menyerap panas yang diradiasikan melalui atmosfer



5.       gas meradiasikan kembali panas ke segala arah sebagian besar tetap di atas
6.       lebih banyak gas artinya lebih banyak panas yang terperangkap di atmosfer
7.       otomatissuhuakanmeningkat
8.       terjadilahgelobalwarming

Gasrumahkacaberbeda

-CO2 sejauh ini adalah gas rumah kaca yang dibuat manusia.namun,sesungguhnya metana & dinitrogen oksida lebih berpotensi & kosentrasinya juga meningkat. Molekul demi molekul, dinitrogen oksida menangkap panas 200 kali lipat dari pada CO2.

Ngomong-ngomong berapa lama gas bertahan?
Metana & dinitrogen oksida bertahan di atmosfer selama kurang lebih 12~114 tahun , sedangkan CO2 berabad-abad*.


J  Karbonberpindah

Atmosfer ,daratan dan lautan memiliki simpanan raksasa yang mengeluarkan karbon dan menyerapnya dalam siklus alami, seperti seperti siklus air di bumi. Namun selama 100 tahun terakhir, amnesia memindahkan karbon dalam jumlah besar ke dalam atmosfer malelui penggundulan hutan dan pemakaian bahan bakar fosil, mengubah ritme alami yang telah berlangsungselamaribuantahun.

--Daratan3800gigatonkarbon

karbon tersimpan pada tumbuhan ,tanah.api, pertumbuhan tanaman, pelapukan dan deforestasimemindahkankarbonantaradaratandanatmosfer.

--atmosfer762gigatonkarbon
Aktifitas manusia meningkatkan CO2 di udara secara segnitifikan dalam 200 tahun terakhir lebih tinggi dari pada yang terdapat dalam inti es ayng berusia 800.00 tahun

--laut38.271gigatonkarbon
Laut yang dalam dan dingin menyimpan karbon sekotar 50 kali jumlah yang ada di atmosfer. CO2 berpindah dengan cepat di antara udara dan permukaan atas air laut, namun bias memakan waktu berabad-abad untuk mencapai dasar laut. Dari sini terdapat pula ancaman asamlautan




J  Akibat global warming

·         Akibat perubahan iklim yang disebabkan oleh Pemanasan Global, glacier di enam benua mulai mencair, lautan es di Kutub Utara dan Kutub Selatan, demikian juga lapisan es di Greenland, juga gletser di puncak-puncak gunung mulai mencair, ini mengakibatkan naiknya permukaan laut, badai yang menghancurkan muncul silih berganti, banjir dan longsor semakin sering terjadi, kekeringan yang melanda pertanian bermunculan di mana-mana, menyebabkan persediaan makanan dan air minum di dunia semakin menipis.
·         Penyakit tropis menyebar, malaria, demam dengue, demam kuning menyebar ke daerah yang sebelumnya tidak pernah dijangkiti, dan bukan hanya itu, penyakit ini diketahui menjadi semakin ganas. Belum lagi meningkatnya jumlah manusia yang terserang penyakit seperti kanker kulit, kolera dan sebagainya yang belakangan ini semakin mewabah, dan mencakup daerah yang semakin luas.
·         Pemanasan laut menyebabkan rusaknya karang dan matinya kehidupan di situ. Diperkirakan dalam waktu 50 tahun ke depan, seluruh karang laut di dunia ini akan musnah akibat pemanasan laut dan polusi akibat kegiatan manusia.
·         Kerugian lain yang segera akan terjadi adalah semakin berkurangnya keaneka-ragaman hayati dan punahnya beberapa spesies satwa karena perubahan musim, siklus kehidupan, waktu migrasi, berkurangnya daerah jelajah serta berkurangnya persediaan makanan mereka.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar